Menonaktifkan Control Panel

Control Panel adalah sekumpulan utility windows untuk melakukan setting terhadap system, baik secara software maupun hardware, termasuk juga didalamnya account pengguna komputer, setting networking, dll.

Kadang diperlukan untuk menonaktifkan jalan masuk untuk membuka control panel ini demi keamanan system, agar tidak dirubah-rubah. Penonaktifannya termasuk melalui pilihan dari start menu maupun dari windows explorer. Caranya melalui setting terhadap Group Policy, untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

  1. Klik tombol Start, pilih Run, Ketik gpedit.msc
  1. Kemudian tampil Group Policy Editor seperti ini
  1. Pilihlah :
- /User Configuration
- /Administrative Templates
- /Control Panel
Dari kolom sebelah kanan , pilihlah Prohibit access to the Control Panel dengan cara klik dua kali tombol kiri mouse.
  1. Akan tampil pilihan setting untuk access terhadap control panel, seperti dibawah ini :
Pilihlah Enabled , Lalu klik tombol Apply, selanjutnya klik tombol OK
  1. Apabila berhasil, mestinya akan terjadi perubahan, yaitu Option pilihan control Panel di bagian start menu sudah tidak ada
  1. kemudian di windows explorer apabila kita mengklik folder Control Panel, akan keluar peringatan This operation has been cancelled due to restrictions in effect on this computer, please contaact your system administrator.
  1. Untuk mengembalikan ke setting semula , lakukan cara diatas dengan memilih Not Configured ( sesuai default dari windows )

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com