Seberapa Besar Perhatianmu pada POWER SUPPLY

Power supply unit atau biasa disingkat PSU adalah perangkat komponen yang menyuplai daya listrik . Power supply yang digunakan untuk computer /cpu banyak ragamnya baik dari yang paling murah sampai mahal, baik yang paling kecil dayanya sampai yang besar, dan beragam fiturnya sudah banyak beredar dipasaran Indonesia. Pada kenyataannya ketika kita membangun sebuah system computer Power Supply kurang diperhatikan dalam hal kualitasnya, kebanyakan alas an penghematan dana atau memang kekurang pahaman arti penting sebuah Power Supply. Apalagi bagi pengusaha warnet yang awam tentang hardware. Seberapa pentingkah Power Supply harus diperhatikan ?



Merupakan pengalaman pribadi, saya pernah merakit cpu untuk dipakai sendiri, memang kala itu nilai tukar dolar masih cukup tinggi, akhirnya diputuskan membeli casing cpu standard, merk china dan termasuk casing level bawah. Tentunya Power supplynya sudah include didalam casing. Senangnya hati seperangkat CPU Baru lengkap sudah hadir dalam rumah. Beberapa bulan kemudian kondisi Tegangan Listrik PLN yang tidak stabil saya alami. Dan mulai tercium bau benda terbakar. Ternyata Power Supply saya sudah tidak mampu menahan tegangan PLN yang naik turun ( biasanya bisa dilihat pada indicator stavolt). Akhirnya Komputer mati dengan tiba-tiba. Kesimpulannya power supply rusak, setelah diganti dengan yang baru ternyata computer belum bisa nyala. Aku coba check masing-2 Pheripheralnya ke computer yang lain, hasilnya mainboard mati, harddisk tidak terdeteksi, processor nggak bisa dipakai lagi, habiss..deh..hehhee…

Pengalaman kedua, berawal dari forum milist awari, dimana para pengusaha warnet berkeinginan menekan biaya operasional rekening listrik banyak masukan tapi upaya tersebut belum juga maksimal, akhirnya saya coba mencari informasi ke komunitas overclock di jogja, dari situ terbuka wawasan baru, bahwa ketika akan membangun system computer Power Supply merupakan Perangkat yang harusnya Pertama kali diperhatikan. Karena dia adalah sumber nyawa dari computer, yaitu Listrik. Berlanjut pada pemilihan Power Supply, yang murahan haruslah di abaikan atau harusnya ditinggalkan walaupun hanya membangun system computer yang standard, terlalu ambil resiko. Gunakan yang berkualitas, stabil, memenuhi kebutuhan system, dan hemat daya.

Power Supply yang bagus harusnya mempunyai sertifikat lolos uji, termasuk sertifikat terbaru adalah 80+ atau 80 Plus, merupakan sertifikasi dimana Power Supply mampu memberikan energi 80%, buktinya saya beli power supply seharga 350 ribu kapasitas daya 250 watt , coba hitung-hitung secara rata-rata pemakaian computer tiap hari 7 Jam (monitor lcd), total rekening selama 1 bulan adalah Rp. 15.000 ,- , Hemat kan. Tentunya ini juga bisa diterapkan pada warnet atau game center.

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com