Men-disable Autorun

Mengapa diperlukan disable Autorun, ya penting sekali buat keamanan komputer dari infeksi virus atau program jahat lainnya yang secara otomatis akan jalan di komputer kita, biasanya program tersebut ada di flash disk atau kepingan Cd atau DvD yang sudah terinfeksi. Apabila fitur autorun di windows tidak didisable otomatis windows akan menjalankan program autorun tersebut pada background system tanpa adanya konfirmasi kepada pemakai komputer. Apalagi pengguna warnet dari berbagai kalangan baik yang paham IT mau pun tidak, yang membawa flashdisk maupun keping CD maupun DVD yang kondisinya belum tentu bersih dari virus maupun program-program jahat lainnya, sehingga sangat rentan terhadap infeksi dari proses autorun tersebut.



Cara untuk mencegah terjadinya autorun ketika user menancapkan Flash disk maupun memasukkan keping CD atau DVD ke drive adalah sebagai berikut :

1. Klik tombol Start, pilih Run, Ketik gpedit.msc




2. Kemudian tampil Group Policy Editor seperti ini

3. Pilihlah :

- /User Configuration
- /Administrative Templates
- /System


Pada kolom bagian kanan klik 2x dengan tombol kiri mouse Turn Off Autoplay


4. Maka akan tampil pilihan setting dari Turn Off Autoplay sebagai berikut :

Dari tampilan tersebut pilihlan Enabled dan dibagian pilihan Turn Off Autoplay on : pilih All drives. Setelah itu klik tombol Apply dilanjutkan klik tombol OK

5. Dengan cara tersebut maka komputer warnet kita akan lebih aman dari upaya infeksi yang berjalan akibat autorun yang secara otomatis di jalankan oleh windows jika setting diatas tidak didisable.

 
© Copyright 2010. yourblogname.com . All rights reserved | yourblogname.com is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com